Sebuah blog yang berisi tentang informasi gaya hidup, pola hidup dan kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar dapat menjaga diri dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Inilah 6 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil



Asupan yang baik yang dikonsumsi ibu pada masa kehamilan memberikan manfaat besar bagi kesehatan pertumbuhan si buah hati. Setiap ibu di dunia ini sangat ingin sekali untuk selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, salah satunya adalah dengan selalu mengonsumsi sumber nutrisi dengan gizi yang tepat di masa kehamilannya.

Ada beberapa sumber nutrisi yang diketahui sangat bermanfaat dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selama masa kehamilan, ibu akan membutuhkan protein dan kalsium untuk pembentukan jaringan dan tulang pada bayinya. Juga asam folat yang dapat melindungi bayi dari masalah cacat pada jaringan saraf, serta lebih banyak mineral zat besi unuk membantu sel darah merah membawa oksigen kepada janin.

Ingin tahu lebih lanjut ? Mari simak pembahasan mengenai 6 sumber nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Gandum


Makanan berbahan dasar gandum seperti roti gandum dan sereal diperkaya dengan asam folat dan zat besi, dan mengandung lebih banyak serat apabila dibandingkan dengan roti putih dan nasi. Konsumsilah makanan tersebut pada waktu makan anda sehari-hari, seperti pada pagi hari mengonsumsi oatmeal 1 porsi, dan siang harinya makan roti sandwich dengan menggunakan roti gandum, dan beras merah untuk makan malam.

Kacang-kacangan


Banyak dari jenis kacang-kacangan yang sangat cocok dan baik untuk dikonsumsi bagi ibu pada masa kehamilan. Karena secara umum kacang-kacangan mengandung protetin dan serat, serta merupakan sumber yang baik dari nutrisi penting lainnya seperti zatt besi, kalsium, folat, dan seng.

Ikan Salmon


Salmon (dan banyak ikan laut lainnya, seperti tuna) merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan jaringan otak dan mata pada bayi di dalam kandungan. Ikan salmon juga mengandung protein dan vitamin B. Salmon juga memiliki kandungan merkuri relatif rendah dibandingkan ikan laut lainnya.

Cara mengonsumsinya yang terbaik adalah dengan cara dipanggang, dibakar atau diasap, dan selalu hindari untuk menggoreng salmon karena akan dapat menurunkan nilai manfaat yang seharusnya dapat diperoleh. Konsumsi 12 ons ikan salmon perminggunya untuk memberikan manfaat yang optimal yang dapat diserap oleh janin.

Telur


Telur adalah sumber protein yang baik dan juga memberikan asam amino untuk pemenuhan kebutuhan bayi dalam kandungan. Telur juga mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk diantaranya adalah kolin, yang baik untuk perkembangan otak bayi.

Buah Beri


Buah yang tergolong buah beri diantaranya adalah bluberi, raspberi, blackberi merupakan buah yang lezat yang mengandung vitamin C yang besar, dan zat lain seperti kalium, folat, dan serat alami.

Yogurt Rendah Lemak


Satu cangkir yogurt rendah lemak mengandung nilai kalsium yang jauh lebih tinggi dari susu. Yogurt juga mengandung protein dengan kadar yang tinggi serta tidak memiliki tambahan gula apapun yang dapat dikonsumsi bersamaan dengan sereal gandum, potongan buah dan lainnya untuk meningkatkan rasa dan selera.

Keenam jenis makanan diatas dikategorikan sebagai makanan terbaik yang setiap ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya demi pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat dan kuat.

0 comments:

Post a Comment