Sebuah blog yang berisi tentang informasi gaya hidup, pola hidup dan kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar dapat menjaga diri dari segala macam penyakit yang berbahaya.

7 Gerakan Latihan Peregangan untuk Menambah Tinggi Badan


Terhambatnya pertumbuhan kadang dialami oleh beberapa remaja dewasa ini. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kurangnya asupan diet yang tepat dan olahraga yang rutin dan teratur, kebiasaan buruk merokok yang kerap kita jumpai pada banyak remaja, dan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Salah satu alasan dibalik ketidakmampuan tubuh seseorang untuk tumbuh adalah rendahnya fungsi kelenjar hipofisis / pituitari. Kelenjar pituitari adalah merupakan salah satu kelenjar utama di dalam tubuh yang memproduksi hormon pertumbuhan manusia. Apabila kelenjar ini terkena dampak negatif dari kebiasaan merokok dan minum alkohol, maka akan dapat mengganggu dan menghambat produksi hormon pertumbuhan.

Tubuh yang tidak tumbuh secara optimal secara langsung berpengaruh kepada fungsi tubuh lainnya. Dengan melakukan perubahan gaya hidup dan melakukan beberapa latihan khusus dapat menyelesaikan masalah ini.
Terdapat beberapa latihan yang dapat membantu dalam peregangan otot tubuh dan meningkatkan pertumbuhan. Latihan tersebut harus dilakukan rutin setiap hari.

Sebagian besar latihan yang akan dibahas merupakan gerakan latihan pilates yang akan memicu pertumbuhan badan.

7 Gerakan Latihan Peregangan untuk Menambah Tinggi Badan


Peregangan (Stretching)


Peregangan membantu otot-otot tubuh untuk mengembang dan merupakan salah satu latihan yang paling populer untuk menambah tinggi badan. Gerakan peregangan memberikan tekanan pada titik-titik pertumbuhan pada tubuh yang memungkinkan tubuh untuk tumbuh lebih tinggi lagi.

Latihan peregangan ini dapat dilakukan sesering mungkin atau setidaknya lima belas menit perhari untuk memiliki peningkatan tinggi badan yang signifikan.

Berenang


Gerakan berenang memanfaatkan semua otot pada tubuh. Gerakan berenang melibatkan urat betis, paha, lengan dan perut yang diketahui efektif untuk meningkatkan tinggi badan. Keuntungan lain dari berenang adalah dengan rutin berenang seseorang akan memiliki otot yang kuat dan membuat anda lebih bugar dan lebih cepat.

Berenang gaya dada dan gaya kupu-kupu direkomendasikan untuk dapat meninggikan tubuh, karena kedua gaya tersebut menggunakan otot-otot kaki dan lengan secara intensif yang membantu tubuh tumbuh lebih cepat.

Olahraga Bola Basket


Olahraga bola basket adalah salah satu olahraga yang melatih semua otot dan berpengaruh besar pada pertumbuhan tinggi badan. Dalam olahraga bola basket gerakan yang dilakukan tubuh meliputi melompat, yang membantu dalam pertumbuhan otot dengan cara meningkatkan ketegangan otot.

Gerakan Vertikal Bend


Untuk dapat melakukan gerakan ini, ambillah posisi berdiri tegak di lantai. Kemudian cobalah untuk membungkuk dan mencoba menyenttuh jari-jari kaki, saat melakukan gerakan ini posisi kaki harus lurus. Gerakan ini membantu unuk melenturkan tulang belakang dan dapat merangsang pertumbuhan tubuh.

Gerakan Tendangan Kaki ke Depan


Ini sebetulnya merupakan gerakan dari Tae Kwon Do. Ini merupakan jurus pertahanan tetapi dapat digunakan untuk menambah tinggi badan. Untuk melakukan gerakan ini, berdiri di lantai dengan kaki sejajar bahu. Angkat satu kaki sejajarkan paha dengan lantai, kemudian kerahkan tenaga anda untuk melalukan gerakan menendang ke depan tanpa menggerakkan paha anda.

Posisi Bergelantung Secara Vertikal



Ini merupakan jenis latihan termudah dan yang paling umum diketahui untuk dapat merangsang pertumbuhan badan. Dengan menambah variasi gerakan pada saat bergelantungan juga dapat melatih sebagian besar otot bagian atas tubuh seperti bahu, lengan, pinggang, punggung, dan perut.

Skipping


Olahraga skipping membantu meningkatkan tinggi badan karena seringnya melompat yang mempengaruhi urat pada betis, paha yang mampu merangsang pertumbuhan. Hanya membutuhkan seutas tali skipping dan anda siap untuk latihan.

Gerakan latihan peregangan diatas apabila dilakukan secara teratur, secara bertahap akan menambah tinggi badan anda. Ditunjang dengan menerapkan diet yang tepat dan gizi yang baik, latihan ini akan meningkatkan kekebalan tubuh anda dan mendorong pertumbuhan tubuh secara optimal.

1 comments: