Sebuah blog yang berisi tentang informasi gaya hidup, pola hidup dan kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar dapat menjaga diri dari segala macam penyakit yang berbahaya.

7 Tips untuk Memiliki Gaya Hidup yang Sehat



Menjalani pola hidup yang sehat tidak berarti berada berjam-jam di tempat kebugaran / gym dan hanya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saja. Pola hidup sehat adalah lebih kepada pengelolaan pilihan hidup yang sehat yang mudah untuk diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memulai dan membiasakan pola hidup yang sehat kuncinya adalah dengan selalu melakukan perubahan, walaupun kecil namun bermanfaat untuk kesehatan tubuh setiap harinya. Contohnya seperti lebih sering menggunakan tangga dibanding eskalator atau lift, mulai mengonsumsi buah-buahan, apabila sudah rutin mengonsumsi buah dapat juga dengan menambah 1 porsi buah lagi ke dalam kebiasaan sehari-hari, menambah asupan air mineral, dan berhenti merokok.


Dasar yang merupakan fundamental dari pola hidup sehat adalah
olahraga secara teratur dan memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Tips agar tubuh terbiasa untuk melakukan pola hidup sehat diantaranya adalah :


Mulai Menggerakkan Badan


Biasakanlah untuk menggerakkan badan anda lebih sering lagi, dan bukan hanya sesekali, namun secara rutin karena dengan rutinitaslah semua usaha yang dilakukan akan berbuah hasil yang memuaskan.
Mulailah untuk memarkir kendaraan anda lebih jauh dari biasanya apabila anda tiba di kantor atau di pusat perbelanjaan, yang secara langsung akan memaksa anda untuk berjalan ke tujuan yang dimaksud. Membiasakan diri untuk menggunakan tangga juga merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan kardiovaskular. Di waktu senggang ajaklah anak-anak anda untuk bermain sepeda atau bermain bersama mereka di lapangan. Hindari menonton TV dan duduk di depan meja komputer anda terlalu lama.

Biasakan untuk Berdiri

Tanpa kita sadari, banyak waktu kita yang telah kita habiskan dengan duduk, baik itu duduk di kendaraan, di meja kerja, di sofa depan TV, dan lain sebagainya. Penelitian telah banyak menunjukkan potensi resiko yang akan diderita bagi orang yang terlalu lama duduk. Apabila anda merasa telah lama duduk, sempatkanlah untuk berdiri selama minimal 5 menit agar dapat menuai manfaat kesehatan dari posisi berdiri.
Apabila anda merupakan seseorang dengan berat badan yang berlebih, dengan membuat perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Studi telah membuktikan bahwa seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau gemuk apabila dia berhasil menurunkan 10% dari total berat badannya akan dapat membantu mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol dan tentu saja akan meningkatkan kesehatan hidupnya.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Membahas topik mengenai makanan sehat, seringkali kita jumpai banyak teori, buku-buku tentang diet, dan segala macam informasi mengenai apa yang baik untuk dimakan dan apa yang harus dihindari – yang seringkali bertentangan antara satu teori dengan yang lainnya. Meskipun penelitian tentang ini terus berlangsung dan berkembang, yang menjadi benang merah yang disepakati para ahli gizi adalah makanan yang tidak sehat yaitu makanan dengan kadar gula yang tinggi, porsi yang terlalu banyak, dan sebaiknya orang mulai untuk memakan makanan yang alami, tanpa banyak segala macam proses untuk mendapatkan manfaat yang penuh dari asupan tersebut.

Mengontrol Kadar Gula yang Dikonsumsi

Sangat sulit bagi setiap orang untuk dapat menjauhi dari apa yang namanya gula atau pemanis setiap harinya. Rata-rata orang mengonsumsi kurang lebih 22 sendok teh gula setiap harinya, baik itu yang tetrdapat pada makanan / minumannya secara langsung ataupun yang ditambahkannya sendiri. Menurut American Heart Association, target harian maksimum yang dapat dikatakan sehat adalah tidak lebih dari 6 sendok teh gula untuk wanita, dan 9 sendok teh gula untuk pria.

Cara termudah untuk dapat mengontrol asupan gula adalah dengan membatasi diri untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda yang manis. Dengan melakukan ini saja sudah merupakan langkah yang baik untuk menurunkan atau menjaga berat badan yang sehat, yang nantinya kelak akan berpengaruh kepada berkurangnya resiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Mengontrol Porsi Makanan

Pentingnya untuk dapat mengontrol porsi sajian hidangan yang akan kita santap juga merupakan satu kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan. Dalam upaya mengurangi atau menjaga porsi makanan anda, cobalah untuk menggunakan ukuran piring yang lebih kecil dari yang biasanya anda pakai, karena secara kasat mata atau secara visual tampak seperti anda telah mengambil cukup nasi dan lauknya padahal sebenarnya anda telah mengurangi porsi dari makanan anda.

Selalu untuk Menyertakan Sayuran dan Buah-buahan

Memilih untuk mengonsumsi makanan yang diolah sendiri dari awal adalah suatu upaya yang lebih sehat apabila dibandungkan dengan mengonsumsi makanan yang telah diproses atau makanan setengah jadi yang sering dikemas untuk tinggal digoreng dan disajikan. Makanan seperti nugget, atau sarden kalengan dan makanan sejenisnya sebetulnya tidak mengandung nilai gizi yang tinggi, malahan terdapat banyak lemak dan garam yang membahayakan kesehatan.

Biasakan untuk memvariasikan jenis sayuran yang dimakan setiap harinya. Jangan lupa untuk memakan buah-buahan yang juga divariasikan jenisnya setiap 1 jam sebelum makan untuk dapat memperoleh manfaat yang maksimum dari buah-buahan, karena waktu memakan buah yang lebih tepat adalah sebelum makan makanan berat, bukan setelah makan.

Hindari Merokok

Bahaya dari merokok telah banyak dijelaskan oleh baik dari para dokter, maupun pemerintah berupa himbauan atau peringatan akan bahayanya merokok. Dengan merokok bukan saja memotong usia harapan hidup dari seseorang dengan cara merusak organ-organ internal, namun juga sangat mempengaruhi penampilan anda secara kasat mata seperti kulit yang tidak sehat, kusam, tampak lebih tua atau mengalami proses penuaan kulit yang lebih cepat, meninggalkan noda pada gigi, dan banyak lagi efek buruk dari rusaknya penampilan seseorang.

Dibutuhkan bukan hanya niat namun juga keberanian dan tekad yang bulat untuk dapat memutuskan untuk berhenti merokok. Apabila seseorang dapat melakukannya, beberapa perubahan positif akan tampak dengan cepat, dan perubahan-perubahan lain akan menyusul secara bertahap, dan semua perubahan yang dirasakan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda.

3 comments: