Sebuah blog yang berisi tentang informasi gaya hidup, pola hidup dan kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar dapat menjaga diri dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Latihan Ringan Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental



Dengan melakukan gerakan olahraga yang ringan selama 15 – 20 menit setiap harinya beberapa kali dalam seminggu memiliki dampak yang cukup signifikan pada kesehatan mental seseorang. Banyak studi yang apabila dihitung mungkin sudah tidak terhitung lagi yang mempelajari tentang perbandingan orang yang gemar berolahraga dengan orang yang tidak gemar berolahraga atau bahkan tidak melakukan kegiatan olahraga sama sekali.
Berjalan kaki atau Jogging sangat baik untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental
Sementara perkembangan zaman telah menghantarkan kita ke dalam kehidupan modern seperti yang sekarang kita alami dan rasakan yakni kehidupan yang terlalu banyak melibatkan kegiatan duduk diam dari pagi hingga malam, tubuh dan pikiran kita tidaklah berevolusi sejalan dengan perkembangan zaman tersebut.


Para ilmuwan di Gothenburg University telah meneliti dan mempelajari kaitan antara kegiatan fisik atau melakukan olahraga dengan kesehatan mental seseorang, dan mereka menemukan bahwa pada orang yang malas, apabila orang tersebut mau untuk melakukan kegiatan fisik atau berolahraga dengan gerakan yang simpel dan dengan durasi 15 menit setiap harinya didapati perkembangan kesehatan mental yang positif.

Penelitian yang dilakukan para ahli tersebut cukup unik, karena mereka melakukannya berfokus kepada orang yang sama selama rentang waktu yang cukup lama. Mereka mengukur bagaimana perubahan tingkat aktivitas dari responden dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Para peneliti tersebut telah mendata banyak orang sebagai responden dari uji cobanya, dan selama 2004 hingga 2010 telah didata sebanyak 3717 orang dengan data-data yang lengkap yang dibutuhkan untuk dapat menarik kesimpulan dari hasil uji coba hubungan antara olahraga ringan dengan kesehatan mental seseorang.

Hasil studi ini merupakan kabar baik yang merupakan secercah harapan bagi orang-orang yang skeptis mengenai manfaat dari berolahraga walaupun sedikit terhadap kesehatannya, terutama kesehatan mental. “Apa yang telah anda lakukan di masa lalu tidaklah terlalu penting, yang terpenting adalah apa yang akan anda lakukan sekarang dan esok hari”, ucap salah satu peneliti berkaitan dengan manfaat yang besar dari olahraga ringan sesegera mungkin.

Segera untuk Mulai Berubah


Dengan membuat perubahan dari segala macam aktifitas yang melibatkan sedikit atau tidak sama sekali melakukan gerakan fisik akan memiliki dampak yang sangat besar, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.
Bahkan apabila sepanjang hidup seseorang tidak pernah melakukan olahraga, maka hanya dengan melakukan olahraga sederhana atau melakukan gerakan ringan yang rutin beberapa kali seminggu akan memberi manfaat yang sangat besar untuk dirinya sendiri.

Para peneliti melihat bahwa mereka yang mau untuk mengubah pola hidupnya cenderung memiliki masalah depresi yang sangat sedikit, dan dapat menghindari masalah mental yang lain seperti kecemasan yang berlebih, serta secara fisik lebih kuat dan tidak mudah kelelahan.

Demikian juga sebaliknya apabila seseorang yang sangat aktif secara fisik kemudian tiba-tiba menjadi tidak aktif dalam jangka waktu yang lama akan lebih beresiko tinggi untuk mengalami penyakit mental, dan juga fisik tentunya.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Olahraga teratur walaupun dengan melakukan latihan ringan ternyata tetap memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. 

Tapi tentu saja dengan melakukan olahraga ringan seseorang janganlah berharap dapat mengurangi berat badannya, karena tujuan tersebut membutuhkan satu set olahraga yang rutin dan teratur disertai dengan menjaga asupan nutrisi yang bergizi seimbang ke dalam tubuh.

Tidak Perlu untuk Lari Marathon


Dalam melakukan kegiatan olahraga ringan, bukan berarti seseorang melakukan lari marathon yang cukup menguras energi dan stamina. Olahraga yang dikategorikan ringan adalah dengan durasi yang cukup singkat, biasanya antara 10 hingga 20 menit, seperti berjalan kaki, jogging ringan di pagi dan sore hari, dan banyak gerakan ringan lainnya.

Namun dalam olahraga ringan ini yang lebih ditekankan adalah frekuensinya, bukan intensitas olahraganya. Lebih baik untuk berjalan kaki beberapa kali dalam seminggu dibanding dengan melakukan olahraga berat selama 1 jam namun hanya sekali seminggu.

0 comments:

Post a Comment